Senin, 16 Januari 2017

Pengertian LAN (Local Area Network)

Pengertian, Komponen Dan Fungsi LAN (Local Area Network) pada komputer 
Mendengar kata LAN pasti anda sudah mengetahui nya. karna setiap instansi ataupun perkantoran pasti sudah menggunakan yang nama nya LAN. karna LAN digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lain. Untuk lebih jelasnya lagi  tentang LAN mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian LAN (Local Area Network)

LAN adalah kependekan dari Local Area Network yang merupakan suatu jaringan yang di mana perangkat keras dan perangkat lunak bisa saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN hanya bisa menjangkau daerah yang sangat terbatas. misalnya hanya dapat menjangkau dalam satu gedung saja.
Oleh sebab itu keterbatasan dalam jangkauannya tersebut menyebabkan kecepatan transmisi data akan menjadi sangat tinggi. Kabel LAN juga dikenal dengan sebagai Kabel UTP yang biasanya berbentuk kabel untiran yang seperti yang ada pada kabel telepon.

LAN sendiri terdiri atas server, client dan gateaway. yang Dimana server dalam LAN adalah satu atau lebih komputer yang menggunakan suatu sistem operasi server. Tugas server disini yaitu sebagai penydia media simpanan dan layanan lainnya yang membuat sebuah komputer-komputer dalam jaringan tersebut dapat menggunakannya baik secara indvidual maupun bersama-sama.
Sedangkan client adalah suatu komputer yang menggunakan suatu sistem operasi client seperti windows yang terhubung ke LAN. Dan gateaway sendiri adalah sebuah alat yang ada pada jaringan yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan jaringan lain.

Komponen-Komponen LAN (Local Area Network)

  • Workstation , yaitu node atau host yang berupa sebuah sistem komputer.
  • Server , yaitu suatu Perangkat keras (hardware) yang memiliki fungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut. pada umumnya sumberdaya (resources) seperti printer, disk, dan lain sebagainya yang hendak dipakai secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada sebuah server.
  • Link , Workstation dan server tidak bisa berfungsi jika peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung..
  • Network Interface Card (NIC) , Suatu workstation tidak dihubungkan dengan secara langsung dengan kabel jaringan maupun tranceiver cable, tetapi melalui sebuah rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani sebuah network protocol yang dikenal dengan Network Interface Card (NIC).
  • Network Software , Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja sebagaimana yang dimau.

 

Fungsi LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) mempunyai fungsi yaitu sebagai berikut :
  • LAN mempunyai fungsi sebagai resource sharing yang dimana bertujuan supaya semua program (software), peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tersebut tanpa adanya pengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
  • LAN juga mempunyai fungsi untuk sebagai pemberi koneksi jaringan internet dalam sebuah ruangan.
  • Untuk membuat suatu keamanan data lebih terjamin karena dengan adanya LAN seorang server bisa mengatur data-data penting yang hanya bisa diakses oleh user tertentu saja.

Load disqus comments

0 komentar

Comments
0 Comments