Senin, 23 Januari 2017

Komponen Utama Pada Jaringan Komunikasi Data

Di dalam sebuah jaringan komputer kita sering mengenal istilah komunikasi data, Secara sederhana jaringan komunikasi data didefinisikan sebagai proses pengiriman dan penerimaan data/informasi antar perangkat yang saling terhubung dalam sebuah jaringan.
 
 
 
 
 
Dalam belajar ilmu jaringan kita sering dihadapkan pada ilmu yang abstract, kenapa abstract? Karena kita tidak pernah tahu seperti apa wujud internet, seperti apa itu komunikasi data, dan lain sebagainya. Satu-satunya hal yang dapat kita lakukan adalah dengan mempelajarinya baik secara teori maupun praktis. Nah, pada artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaimana komunikasi data tersebut dapat terjadi dan komponen apa saja pembentuk jaringan komunikasi data.

 
1. Pesan/Informasi
Yang pertama adalah pesan yang berisi informasi yang akan dikirim ke alamat tujuan. Pada langkah awal sebelum pesan dikirimkan data akan dikonversi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Semua jenis pesan baik teks, video, dan suara harus dikonversi ke dalam bentuk bit, karena perangkat keras hanya mengenali bilangan biner (0 dan 1) untuk melakukan komunikasi. Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu sebelum dikirim ke alamat tujuan.

 
2. Devices
Devices atau perangkat juga memegang peranan penting dalam mentransmisikan data. Mungkin kita sering berpikir bahwa untuk bertukar pesan/informasi menggunakan komputer. Tapi, komputer hanya satu jenis perangkat yang dapat mengirim dan menerima pesan melalui jaringan. Banyak jenis perangkat juga dapat dihubungkan ke jaringan untuk ikut berpartisipasi dalam layanan jaringan. Contoh perangkat lainnya seperti telepon, kamera, printer, dan konsol game.

Salah satu komponen penting dalam jaringan adalah Router. Sebuah Router terhubung dengan dua atau lebih jaringan, seperti home network dan Internet, dan melewatkan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Router bekerja dengan memastikan bahwa pesan sampai ke tujuannya dengan cara yang paling efisien dan tercepat.

 
3. Media Transmisi
Untuk mengirim sebuah pesan ke tujuan, komputer harus terhubung ke jaringan lokal baik melalui kabel atau nirkabel. Jaringan lokal dapat dipasang di rumah atau kantor, di mana memungkinkan komputer dan perangkat lainnya untuk berbagi informasi dengan satu sama lain dan menggunakan sambungan untuk terhubung ke Internet.

Jaringan nirkabel memungkinkan penggunaan perangkat jaringan di mana saja seperti di kantor atau rumah, bahkan di luar ruangan. Di luar kantor atau rumah, jaringan nirkabel yang tersedia untuk publik biasanya terdapat pada restaurant, hotel, dan bandara.

Banyak jaringan yang terpasang lebih memilih menggunakan kabel untuk menyediakan konektivitas. Ethernet adalah teknologi jaringan kabel yang paling banyak dijumpai saat ini. Jaringan kabel menghubungkan komputer dan perangkat lain yang membentuk jaringan. Jaringan kabel adalah yang terbaik untuk memindahkan data dalam jumlah besar pada kecepatan tinggi, seperti yang diperlukan untuk mendukung kualitas multimedia profesional.

 
4. Services
Network services adalah program komputer yang dapat digunakan oleh pengguna. Didistribusikan pada perangkat di seluruh jaringan, layanan ini adalah tools komunikasi online seperti e-mail, instant messaging, dan chat rooms. Instant messaging misalnya, yaitu layanan di cloud yang dapat diakses oleh pengirim dan penerima.

 
5. Protokol
Komponen terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah rules/protokol. Rules ini merupakan standar dan protokol yang menentukan bagaimana pesan akan dikirim, bagaimana mereka diarahkan melalui jaringan, dan bagaimana mereka diinterpretasikan pada perangkat tujuan. Sebagai contoh, Jabber instant messaging, protokol XMPP, TCP, dan IP merupakan bagian penting dari rules yang memungkinkan komunikasi dapat terjadi.

-Semoga Bermanfaat-
Load disqus comments

0 komentar

Comments
0 Comments